PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLICIT INSTRUKTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA LITOSFER SISWA KELAS X2SMA NEGERI 2 KOTA TERNATE
Sari
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi materi dinamika litosfer melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe explicit instruction pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kota Ternate. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif, yaitu membandingkan setiap hasil tes persiklus. Hasil perbaikan pembelajaran dengan PTK ini adalah hasil perolehan nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran geografi selalu mengalami peningkatan dari sebelum tindakan dan setelah tindakan dalam tiap siklusnya. Hasil tersebut adalah nilai rata-rata sebelum tindakan adalah 65 meningkat menjadi 69 saat siklus I, meningkat menjadi 75 saat siklus 2, dan meningkat menjadi 82 saat siklus III.
Kata kunci : hasil belajar, geografi, model tipeexplicit instruction
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.191
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.