PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SD KELAS IV SD 48 KOTA TERNATE
Sari
Tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan aktivitas kreativitas peserta didik.penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah, penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas 4 SD 48 Kota Ternate dengan jumlah siswa 31 orang metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan keas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap yakni: 1. Tahap perencanaan, 2. Tahap pelaksanaan, 3. Tahap pengamatan, 4. Tahap refleksi. Untuk data hasil belajar melaui tes kemudian dianalisis menggunakan deskriptif dan presentase. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan penerapan pembelajran berbasis masalah mengalami peningkatan yang signifikan dilihat dari siklus I tindakan I pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah mencapai nilai 45,25% kemudian pada hasil tes belajar belum ada siswa yang mencapai nilai KKM. Kemudian pada tindakan II siklus I pada penerapan model pembelajaran berbasis masalahmencapai nilai51,29, dan pada tes hasil belajar 9,42%. Selanjutnya pada siklus II pada tindakan I pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah mencapai nilai 58,52dan padahasil tes belajar mencapai 35,87%.kemudian pada siklus II tindakan II pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah mencapai nilai 49,13% danpada tes hasilbelajar sudah mencapai nilai 80,16%.sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapatmeningkatkanhasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 42 Kota Ternate.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, hasil belajar.
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.195
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.