PENERAPAN PEMBELAJARAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI PADA MATERI BENTUK-BENTUK MUKA BUMI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA TERNATE
Sari
Berdasarkan pengalaman penulis di lapangan, kegagalan dalam belajar rata-rata dihadapi oleh sejumlah siswa yang tidak memiliki dorongan belajar. Untuk itu dibutuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru dengan upaya membangkitkan motivasi belajar siswa, misalnya dengan membimbing siswa untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang melibatkan siswa serta guru yang berperan sebagai pembimbing untuk menemukan konsep IPS Geografi.Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap motivasi belajar siswa?Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan terbimbing. (b) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan (Action Research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIISMP Negeri 4 Kota Ternate.Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,22%), siklus II (78,26%), siklus III (91,30%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar Siswa SMP Negeri 4 Kota Ternate, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPS Geografi.
Kata Kunci: Hasil belajar IPS geografi, metode penemuan terbimbing
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.197
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.