MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN PADA SMP NEGERI 13 KOTA TERNATE
Sari
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan tentang: 1) Proses perencanaan pembiayaan pendidikan pada SMP Negeri 13 Kota Ternate; 2) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan pada SMP Negeri 13 Kota Ternate; 3) Pengawasan pemanfaatan pembiayaan pendidikan pada SMP Negeri 13 Kota Ternate; 4) Pertanggungjawaban pembiayaan pendidikan pada SMP Negeri 13 Kota Ternate. Metode penelitian ini adalah naturalistic inquiry dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data dilakukan melalui tahap berikut ini, yaitu: (1) orientasi, (2) eksplorasi, (3) member check. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam pengumpulan data adalah peneliti sendiri yang dilengkapi oleh dokumen wawancara, tape recorder, dan catatan lapangan. Dari hasil temuan dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan sebagai hasil penelitian yaitu: (1) Kegiatan perencanaan pembiayaan pendidikan tidak lepas dari program-program yang akan dikembangkan di sekolah dengan melakukan tahapan-tahapan sebagai berikut: (a) pengumpulan data yang bertujuan untuk mengindentifikasi dan mengakomodasi daya dukung penyelenggaraan pendidikan melalui penyediaan data yang akurat dari berbagai sumber antara lain kepala sekolah, wakil kepala sekolah, komite sekolah guru, tenaga administrasi; (b) Penyusunan rencana program didasarkan pada visi, misi, tujuan dan sasaran yang ditetapkan; (2) Pembiayaan pendidikan di sekolah ini dilaksanakan untuk membiayai berbagai program yang menjadi prioritas, akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak semua program dan sub program bisa didanai karena alasan kekurangan dana namun menurut para guru dana yang ada sebenarnya cukup tapi kepala sekolah kurang transparan dalam pengelolaan keuangan sekolah; (3) Pengawasan Pembiayaan Pendidikan dilaksanakan oleh kepala sekolah secara berkala setiap bulan bagi bendahara dan panitia yang ditunjuk untuk mengelola dana, tim monitoring dari sumber dana yang masuk; 4) Pertanggungjawaban Pembiayaan Pendidikan di laksanakan secara berjenjang yaitu bendahara, atau panitia program ke kepala sekolah dan kepala sekolah ke instansi vertikal di atasnya.
Kata Kunci: Pendidikan, Manajemen, PembiayaanTeks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.199
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
EDITORIAL OFFICE:
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.