Pengembangan E-Modul Berbasis Team Based Project Terintegrasi Socio Scientific Issue Untuk Kemampuan Berpikir Kritis Biologi
Sari
Kata Kunci
Referensi
Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, A. S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409-427.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. Statistical Field Theor (Vol. 53)
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6 (1), 53–65. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267
Desyandri, D. (2019). Seni musik serta hubungan penggunaan pendidikan seni musik untuk membentuk karakter peserta didik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222-232.
Dewi, K. C., Ciptayani, P. I., Surjono, H. D., & Priyanto, P. (2019). Blended Learning: Konsep dan Implementasi pada Pendidikan Tinggi Vokasi.
Febriana, R. N., Suryani, D. I., & Taufik, A. N. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Socio-Scientific Issues pada Tema Food Loss and Food Waste untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 445-453.
Fernanda, A., Haryani, S., Prasetya, A. T., & Hilmi, M. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas xi pada materi larutan penyangga dengan model pembelajaran predict observe explain. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Hake, R, R. (1999).Analyzing Change/Gain Scores.AREA-D American Education Research Association's Division.D, Measurement and Reasearch Methodology.
Haryadi, R., & Nurmala, R. (2021). Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 7(1), 32-39
Hendriani, A., Rohayati, E., & Herlambang, Y. T. (2020). Pendidikan dan Keterampilan Berpikir Abad ke-21. Ksatria Siliwangi.
Herlanti, Y. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Socioscientific Issues pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional tema global warming sebagai sumber belajar mandiri siswa kelas VII. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338-345.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global. Science Education National Conference, 1 (2), 192-205. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4810
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016, February). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan pendekatan open ended. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 58-64).
Putriana, A. R. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4 (1), 80-89. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7919
Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN, 2598, 5973.
Rama, A. (2023). Pengembangan e-modul menggunakan aplikasi flip pdf professional pada mata kuliah analisis kurikulum pendidikan dasar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Riduwan, A., & Arifin, Z. (2020). Rumus dan data dalam analisis statistika.
Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis learning and inovation skills mahasiswa PAI melalui pendekatan saintifik dalam implementasi keterampilan abad 21. Conciencia, 19(2), 112-131.
Sagita, R., Azra, F., & Azhar, M. (2017). Pengembangan modul konsep mol berbasis inkuiri terstruktur dengan penekanan pada interkoneksi tiga level representasi kimia untuk kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 25-32.
Sari, R. ., Agustini, R., & Widodo, W. (2021). The Effectiveness of Science E-Magazine of Socioscientific Issues-Based Inquiry Model to Improve Critical Thinking Skill of Junior High School Students. Studies in Learning and Teaching (SiLeT), 2 (3), 10-20. https://doi.org/https://doi.org/10.46627/silet.v2i3.72
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E. D., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan e-modul berbasis flip pdf corporate pada materi luas dan volume bola. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 37-46
Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain-Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 6(2), 106-116.
Utu, N. M., & Sintasari, B. (2021). Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di MTS Miftahul Ulum Cermenan Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 25-42.
Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan e-modul pembelajaran ekonomi materi pasar modal untuk siswa kelas XI IPS MAN 1 Jember tahun ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1-7
Yani, R., Indrawati, & Wicaksono, I. (2019). Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Pada Kurikulum 2013 Revisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4 (1), 173 –177. https://doi.org/https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip -epro/article/view/15162
DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v23i1.8919
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Journal Name | Jurnal Edukasi |
Print ISSN | 1978-6115 |
Elektronik ISSN | 2597-9213 |
Publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun |
Address | Jalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara |
Country | Indonesia |
j.edukasi@unkhair.ac.id / edukasi2019@gmail.com | |
URL | https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/index |
DOI | http://doi.org/10.33387/edu |
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.