Pengaruh Model Pjbl Berpendekatan STEAM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 1 Halmahera Barat
Sari
Kata Kunci
Referensi
Abidin, M. Z., Yuniawati, A., & Handhika, J. 2024. Improving the Learning Outcomes of Class VIII Students Through the Implementation of the Project-Based Learning (PJBL) Model in Science Learning. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 11(1), 14–21. https://doi.org/10.21107/edutic.v11i1.20141
Afriana, J, Permanasari, A., & Fitriani, A. 2015. Project Based Learning Integrated to Stem to Enhance Elementary School's Students Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia,
Andriani, S., & Anwar, A. 2022. Kolaborasi dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(3), 231-240.
Arsyad, H. 2006. Pengaruh model PBL dengan pendekatan STEAM terhadap kompetensi kognitif peserta didik pada materi sistem pencernaan kelas XI di SMA/MA. Bioilmi. Jurnal Pendidikan, 7(1), 46-51. http://doi.org/10.19109/bioilmi.v7i1.9507.
Barkah, E. S., Awaludin, D., & Bahtiar, M. I. E. A. 2024. Implementasi Model Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics): Strategi Peningkatan Kecakapan Abad 21. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3501–3511. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i9.1497
Bahirah N. 2022 pada laman https://www.nurulbahirah.com/kelebihan-dan-kekurangan-project-based-learning diakses tanggal 6 Januari 2025
Lutfi, N., & Yuliana, I. (2018). STEAM-Project-Based Learning: A Catalyst for Elementary School Students’ Scientific Literacy Skills. European Journal of Educational Research. https://doi.org/10.12973/eu-jer.13.1.1
Musa, M. M., Annur, A. F., Khusna, S., & Kusumawati, P. R. D. 2023. STEAM Content in Integrated Science Learning Model Project Based Learning (PJBL) In Madrasah Ibtidaiyah. Al-Hijr Journal of Adulearn World. https://doi.org/10.55849/alhijr.v2i2.540
Nuraini, 2019. Analisis Pemberian penguatan mengajar dalam meningkatkan Motivasi belajar peserta didikdi SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal pendidikan dan pembelajaran Khatulistiwa.
Permanasari A. 2016. STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains, Seminar Nasional Pendidikan Sains (Surakarta, 22 Oktober 2016) pp 23-34.
Prasetyo, A., & Iskandar, I. 2022. Penerapan Augmented Reality dalam Pembelajaran Sains untuk Memvisualisasikan Konsep Abstrak dan Meningkatkan Pemahaman Kognitif Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 15(3), 199-210. https://doi.org/10.56789/jtpp.2022.15.3.199
Rana, L., Rustam, R., & Luansi Ero, P. E. 2023. Evaluation and effects of STEAM-PBL on mathematics interest and numeracy skills on elementary school. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v10i2.67251
Segarra-Morales, A. K., & Aulestia, J.-A. J. M. 2024. Strategies and Skills in STEAM Education Systematic Review of the Literature (pp. 398–411). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-54235-0_36
Setiani, Citra Janiencia. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tax Avoidance. [Skripsi]. Universitas Lampung Bandar Lampung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Septiani, A. 2018. Mengungkap Keterampilan Proses Sains, Kecerdasan, Naturalis, dan Kecerdasan Logis Matematis melalui Penerapan Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Penyiapan Media Tanam dengan pendekatan STEM. (Tesis). Universitas Pendidikan Indonesia
Sukmawati, Hidayat, Lili Amelia Putri, 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jamiatul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), Hal:202-207
DOI: https://doi.org/10.33387/j.edu.v23i1.9618
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Journal Name | Jurnal Edukasi |
Print ISSN | 1978-6115 |
Elektronik ISSN | 2597-9213 |
Publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun |
Address | Jalan Bandara Sultan Baabullah Kampus I Unkhair, Kelurahan Akehuda, 97728 Kecamatan Kota Ternate Utara, Provinsi Maluku Utara |
Country | Indonesia |
j.edukasi@unkhair.ac.id / edukasi2019@gmail.com | |
URL | https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/edu/index |
DOI | http://doi.org/10.33387/edu |
Indexed By:
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
EDUKASI is licensed under a‚ Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.