PENGARUH CITRA MEREK DAN NILAI HEDONIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar Yang Menggunakan iPhone)

Selviana Tappy, Andi Aslinda, Aris Baharuddin, Andi Cudai Nur, Jamaluddin Jamaluddin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan nilai hedonis terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa ilmu administrasi bisnis univeritas negeri makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu administrasi bisnis angkatan 2017-2020 yang menggunakan iPhone. Hasil dari penelitian ini menggunakan analisis data yang tediri dari teknik analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh citra merek secara signifikan dan parsial terhadap keputusan pembelian, kemudian terdapat pengaruh nilai hedonis secara signifikan dan parsial terhadap keputusan pembelian dan terdapat pengaruh citra merek dan nilai hedonis secara signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji korelasi hubungan antar variabel berada pada kategori sangat kuat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian iPhone pada mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Univeritas Negeri Makassar.


Kata Kunci


Citra merek; nilai hedonis; keputusan pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, M. F. D., Nawazirul, L., & Listyorini3, S. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pemilik Iphone. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Bagyarta, S. D., & Dharmayanti, D. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Dan Utilitarian Value Terhadap Repurchase Intention Pada Industri Pusat Kebugaran Kelas Menengah Atas Di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2.

Bagyarta, S. D., & Diah Dharmayanti, S.E., M. S. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Dan Utilitarian Value Terhadap Repurchase Intention Pada Industri Pusat Kebugaran Kelas Menengah Atas Di Sidoarjo. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2.

Effendi, U. (2016). Psikologi Konsumen (A. R. Batubara (Ed.); 1st Ed.). Rajawali Pers.

Fuadiyah, N., Suharyono, & Hidayat, K. (2016). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonik Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 36.

Indasari, F. N. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Toko Browcyl Dikota Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (A. Maulana & W. Hardani (Eds.); 13th Ed.). Penerbit Erlangga.

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah). Kencana.

Noor, M. F., & Nurlinda, R. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Iphone. Forum Ilmiah, 18.

Overby, J. W., & Lee, E. (2006). The Effects Of Utilitarian And Hedonic Online Shopping Value On Consumer Preference And Intentions. 59, 1160-1166. https://Doi.Org/10.1016/J.Jbusres.2006.03.008

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen (E. Revisi (Ed.)). Penerbit Kencana.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi Spps Versi 17) (F. Hutari (Ed.); 1st Ed.). Pt Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta,CV.

Worotitjan, C., Moniharapon, S., & Ogi, I. W. . (2019). Pengaruh Merek, Motif Belanja Hedonik, Motif Belanja Utilitarian Terhadap Loyalitas Konsumen Giordano Mantos Di Manado. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 461–470. Https://Doi.Org/10.35794/Emba.V7i1.22387




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.6109

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.