IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MENINGKATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Armayani Armayani, Bahri Bahri

Sari


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sejarah kepada siswa dalam upaya meningkatkan persepsi siswa terhadap Pancasila. Kajian ini menemukan bahwa setiap mata kuliah, khususnya sejarah, berupaya untuk menjadikan mahasiswa yang memahami Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia sebagai pembelajar. Keenam komponen profil mahasiswa Pancasila juga konsisten digunakan dalam semua pembelajaran berkelanjutan. Mempertahankan moral dan nilai-nilai luhur negara, mempersiapkan siswa menjadi warga dunia, mempromosikan keadilan sosial, dan mengembangkan keterampilan abad 21 adalah tujuan utama dari profil siswa Pancasila. Dengan kata lain, di era globalisasi, peserta didik diharapkan berkembang menjadi peserta didik yang berkarakter, sehingga tidak hanya maju secara teknologi tetapi juga berkembang dari segi kemanusiaan dengan kepribadian yang dimilikinya. Menemukan bahan dari buku dan jurnal yang relevan dengan topik yang diangkat adalah bagaimana penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan teknik kepustakaan.


Kata Kunci


Pembelajaran; Sejarah; Profil Pelajar Pancasila

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anngraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., & Takwin, B. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Cahyanto, I. (2022). Pembelajaran Sekarah Berperan Penting Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila. www.scholae.co

Dafitri, S. R., Hasrul, Rafni Al, & Bakhtiar, Y. (2022). Implemnetasi Program Merdeka Belajar Melalui Profil Pelajar Pancasila di SMKN 1 Sijunjung. Journal of Educatioan, Cultural and Politics, 2.

Hasudungan, N. A., & Abidin, F. N. (2020). Independent Learning: Forming The Pancasila Learner Through Historical Learning In Senior High School. Social, Humanities and Education Studies (SHEs), 3.

Ismail, Suhana, & Zakiah. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84.

Kahfi, A. (2020). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar.

Kemendikbud. (2021). 6 Ciri Pelajar Pancasila yang Cerdas dan Berkarakter. ditsmp.kemdikbud.go.id

Rahmawati, D. F., Sutiyah, & Abidan, F. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Sejarah Dalam Kurikulum Merdeka Kelas X di SMA Penggerak Surakarta. Jurnal Candi, 22.

Ruslan, & Rosady. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. PT Rajagrafindo Persada.

Sulastri, Syahril, Adi, N., & Ermita. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru di Sekolah Dasar. JRT (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaluddin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5.

Suryana, & Iskandar. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (4).

Suryani, N. (2013). Pengembangan Model Internalisasi Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Model Value Clarification Technique. Paramita: Historical Studies Journal, 23(2).

Syaefulloh, M. A., Windiani, D., Putriani, P., Rohaeni, S., & Nugraha, G. R. (2022). Implementasi Habituasi Profil Pelajar Pancasila dan Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Kewarganegaraan, 6.

Syafi. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 46–47




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v14i2.6640

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.