PERSEPSI REFLEKTIF MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PERKULIAHAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Haerul Haerul, Yusrina Yusrina

Sari


Pembelajaran berbasis proyek diorientasikan untuk mewujudkan pembelajaran bermakna melalui pengalaman yang diperoleh dari pelaksanaan proyek perkuliahan. Salah satu tujuan dari pengembangan dan implementasi model pembelajaran tersebut dalam dunia pendidikan adalah untuk mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kecakapan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan persepsi reflektif mahasiswa terhadap pelaksanaan perkuliahan melalui model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah informasi tentang persepsi mahasiswa tentang pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek yang diperoleh daro 20 orang mahasiswa. Pengumpulan Data dilakukan melalui kegiatan wawancara dan data tersebut selanjutnya dianalisis dan dideskripsikan sebagai hasil dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diuraikan bahwa rata-rata mahasiswa yang dijadikan sebagai informan penelitian memberikan persepsi bahwa model pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang dapat mewadahi peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar melalui pelaksanaan proyek pembelajran, serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Kata Kunci


Persepsi Reflektif; Mahasiswa; Pembelajaran Berbasis Proyek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adinugraha, F. 2018. Model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah media pembelajaran. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 3 (1).

Dini, J. P. A. U. 2022. Inovasi pembelajaran dimasa pendemi: implementasi pembelajaran berbasis proyek pendekatan.destinasi.imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (5), 3901-3910.

Jorgensen S, EV Constantin, G Antranikian. 1997. Cloning, sequencing, characterization and expression of an extracellular α-amylase from the hyperthermophilic archaeon Pyrococcus Furiosus in Escherichia coli and Bacillus subtilis. J. of Biol. Chem. 272 (26): 16335—16342.

Kamaruddin, I., Suarni, E., Rambe, S., Sakti, B. P. S., Rachman, R. S., & Kurniadi, P. 2023. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan: Tinjauan literatur. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6 (4), 2742-2747.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. 2016. Project-based Learning: A review of the literature. Improving schools, 19 (3), 267-277.

Kristanti, Y. D., & Subiki, S. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning Model) pada Pembelajaran Fisika Disma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5 (2), 122-128.

Marlinda, N. L. P. M. 2012. Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kinerja ilmiah siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2 ( 2).

Rajabi, M., Ekohariadi, E, & Buditjahjanto, I. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Instalasi Sistem Operasi dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Vokasi. UNESA, 3 (01), 247005.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. 2017. Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6 (1), 60-71.

Siwa, I. B., & Muderawan, I. W. 2013. Pengaruh pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Kimia terhadap Keterampilan Proses Sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3 (2).

Tinenti, Y. R. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas. Deepublish. Yogyakarta.

Widiyatmoko, A., & Pamelasari, S. D. 2012. Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan alat peraga IPA dengan memanfaatkan bahan bekas pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1 (1).

Wulandari, A. S., Suardana, I. N., & Devi, N. P. L. 2019. Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap kreativitas siswa SMP pada pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2 (1), 47-58.

Wulandari, F. E. 2016. Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek untuk melatihkan keterampilan proses mahasiswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5 (2), 247-254.

Zubaidah, S. 2019. Memberdayakan keterampilan abad ke-21 melalui pembelajaran berbasis proyek. Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi (Vol. 1, No. 2, pp. 1-19).




DOI: https://doi.org/10.33387/humano.v15i1.8164

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




 
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Journal NameHUMANO: Jurnal Penelitian
Print ISSN1978-6115
Elektronik ISSN2597-9213
PublisherLembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Khairun
AddressJalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara
CountryIndonesia
Emailhumano@unkhair.ac.id / humanounkhair@gmail.com 
URLhttps://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index
DOIhttp://doi.org/10.33387/humano

Flag Counter

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.