Pengaruh Partisipasi Penganggaran Dan Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah Kota Ambon

Micrets Agustina Silaya

Sari


Dalam rangka pertanggungjawaban publik, pemerintah daerah harus melakukan optimalisasi anggaran yang dilakukan secara ekonomis, efisien, dan efektif (value for money) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengalaman yang terjadi selama ini menunjukkan bahwa manajemen keuangan daerah masih memprihatinkan. Kondisi yang terjadi di Pemerintahan Kota Ambon dalam proses penganggaran sangat berbeda jauh. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara singkat dengan salah satu pegawai Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Ambon. Fenomena yang ditemui antara lain: pertama penyusunan anggaran yang tidak tepat waktu. Rencana kerja dan anggaran SKPD (RKA-SKPD) yang sedianya dilakukan pada bulan Juni namun pelaksanaannya dilakukan pada bulan Juli. Kedua tidak melibatkan semua bagian/bidang dalam persiapan dan penyusunan anggaran program/kegiatan sehingga untuk menyampaikan ide, saran atau masukan tidak tersalurkan dengan baik. Hal ini akan berdampak terhadap kinerja aparat pemerintah yang mengakibatkan tidak tercapainya target yang diharapkan. Dalam rangka mewujudkan kinerja aparatur pemerintah secara menyeluruh tidak berhenti pada tahap awal penganggaran, namun dibutuhkan peran manajerial pimpinan daerah khususnya pengelola keuangan yang ada di daerah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji secara empiris pengaruh partisipasi penganggaran terhadap kinerja aparat Pemerintah Daerah dan untuk menguji secara empiris pengaruh peran manajerial pengelola keuangan daerah terhadap kinerja aparat Pemerintah Daerah.

Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah 1) Ada pengaruh positif signifikan partisipasi dalam penganggaran terhadap kinerja aparat pemerintah daerah provinsi Maluku. Semakin tinggi partisipasi dalam penganggaran maka akan semakin meningkatkan kinerja aparat pemerintah daerah provinsi Maluku. 2) Ada pengaruh positif signifikan peran manajerial pengelola keuangan daerah terhadap kinerja pemerintah daerah. Semakin tinggi peran manajerial pengelola keuangan daerah maka akan semakin meningkatkan kinerja aparat pemerintah daerah provinsi Maluku.

 

Kata kunci: Partisipasi Penganggaran, Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah, Kinerja Pemerintah Daerah, Kota Ambon


Kata Kunci


Partisipasi Penganggaran, Peran Manajerial Pengelola Keuangan Daerah, Kinerja Pemerintah Daerah, Kota Ambon

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisaputro, Gunawan dan Marwan Asri. 2003. Anggaran Perusahaan. Edisi 3, Yogyakarta: BPFE UGM

Agusti, Restu. 2012. Pengaruh Partisipasi penyusunan Anggaran terhadap Kinerja Paratr Pemerintah Daerah Dengan Dimoderasi Oleh Variabel Desentralisasi Dan Budaya Organisasi (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis). Jurnal Ekonomi. Volume 20, Nomor 3, hal. 1-13, September 2012.

Bangun, Andarias. 2009. Pengaruh Partisipasi Dalam Penyusunan Anggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Struktur Desentralisasi TerhadapKInerja Manajerial SKPD dengan Pengawasan Internal Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus PAda Pemerintah Kabupaten Deli Serdang). Tesis S2 Program Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Dianawati, Eris. 2009. Pengaruh Partisipasi Penyusunan Anggaran Terhadap Kinerja Manajerial: Komitmen Organisasi dan Job Related Stress Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Modernisasi. Fakultas Ekonomi – Universitas Kanjuruhan Malang. http://ejournal.ukanjuruhan.ac.id.

Hansen, D.R dan Maryane M. Mowen, 1995. Cost Management, Accounting and Control, Ohio: South Western College Publishing.

Rohman, Abdul. 2007. Pengaruh Peran Manajerial dan Fungsi Pemeriksaan lntern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Survei pada Pemda Kota, Kabupaten dan Provinsi di Jawa Tengah). Jurnal Maksi Vol. 7, No. 2, pp. 206-220, Universitas Diponegoro.

Rohman Abdul, 2009. Pengaruh lmplementasi Sistem Akuntansi, Pengelola Keuangan Daerah Terhadap Fungsi Pengawasan Kinerja Pemda. Jurnal Akuntansi dan Bisnis,Vol. 9, No.1, pp. 206-220.

Sutermeister, R.A. 1999. People and Productivity. Toronto Inc, Mc. Graw Hill Book. Co

Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Erlangga. Jakarta.

Mahsun, 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik, Edisi Pertama. Badan Penerbit Fakults Ekonomi, Yogyakarta.

Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Ketiga, Penerbit Salemba

Empat, Jakarta.

Wibowo. 2008. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v11i2.1952

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




     

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HUMANO: Jurnal Penelitian

ISSN 1978-6115 (Print)

ISSN 2597-9213 (Elektronik)

Published by: LPPM Universitas Khairun

Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara

Email: humano@unkhair.ac.id

URL: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index

 

Flag Counter 

 

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.