IDENTIFIKASI POTENSI KOPI NYIRU SEBAGAI OLEH – OLEH KHAS TERNATE

Sunaidin Ode Mulae, Betly Taghulihi

Sari


Penelitian ini mengidentifikasi potensi kopi nyiru yang yang ada di kota ternate untuk dijadikan sebagai oleh–oleh khas Ternate karena selama ini wisatawan kesulitan menemukan oleh–oleh kopi yang merupakan khas dari kota Ternate. Diharapkan dari penelitian ini ditemukan model pengemasan kopi sebagai pendukung daya tarik wisata yang siap ditawarkan kepada pengunjung atau wisatawan yang datang ke kota Ternate. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana proses pembuatan kopi nyiru, apa khasiat kopi nyiru dan bagaimana mengemas kopi nyiru untuk dijadikan sebagai oleh – oleh khas Ternate. Target luaran penelitian ini adalah: (1) publikasi ilmiah di jurnal lokal ber-ISSN atau jurnal nasional, (2) pengayaan bahan ajar di Program Studi Usaha Perjalanan Wisata Universitas Khairun sebagai wisata kuliner, (3) poster penelitian. Studi ini dilakukan di Kota Ternate dengan menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian adalah di Taman Moya. Alasan pemilihan lokasi karena masyarakat lokal di Taman Moya menyediakan kopi nyiru untuk ditawarkan kepada pengunjung. Penelitian dilakukan selama enam bulan, sejak proposal penelitian dinyatakan disetujui. Jangka waktu penelitian mencakup keseluruhan tahapan penelitian, dari persiapan hingga penyusunan laporan akhir. Informan ditentukan secara sengaja berdasarkan fokus masalah penelitian. Kriteria informan meliputi: (i) Dinas Pariwisata Kota Ternate; (ii) Masyarakat Lokal; (iii) Pengunjung/Wisatawan; (iv) Industri pariwisata di Kota Ternate. Penentuan informan mempertimbangkan keterwakilan berdasarkan jenis kelamin, usia, agama, dan berbagai kategori lainnya. Teknik snowball digunakan untuk menentukan informan yang akan diwawancarai di lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan (observation), wawancara mendalam (indepth interview), dan studi dokumen (literature study). Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa Kopi nyiru di Taman Moya tidak ada dalam bentuk kemasan hanya saja dalam bentuk penyajian pada saat ada konsumen memesan. Penyebaran kopi nyiru Moya di Kota Ternate yaitu sebagian besar kelurahan Moya dan sebagian pada warung-warung kopi yang ada di Kota Baru Pante. Khasiat kopi nyiru menurut narasumber untuk menghangatkan diri pada musim penghujan. Simpulan pada penelitian ini adalah kemasan Kopi nyiru di Taman Moya belum ada. Kopi nyiru Moya memiliki hasiat untuk menghangatkan tubuh saat musim penghujan. Kopi nyiru Moya sudah mendunia sehingga butuh perharian pemerintah kota untuk mempertahankan sebagai khas oleh-oleh wisat kuliner di Kota Ternate.   


Kata Kunci


Kopi Nyiru, Moya, Kota Ternate

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariesto Hadi Sutopo, dkk. 2010. Terampil Mengolah Data Kualitatif Dengan NVIVO. Penerbit Kencana Prenada Media Group : Jakarta

Buku Indonesia, Akademi Kuliner. 2016. Kuliner Betawi: Selaksa Rasa Dan Cerita. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Burns, Peter & Holden. An Introduction To Tourism And Anthropology. London: Routledge. 1995

Mill, Roberth Christic.1990. Tourism ; The International Business. Prenticle Hall, New Jersey

Suwantoro Gamal, 2007. Dasar – Dasar Kepariwisataan. Penerbit : Andi Yogyakarta.

Yoeti Oka.A, 2002. Pengantar Ilmu Kepariwisataan. Jakarta ; PT Prandya Paramitha.

Website:

Disadur dari https://lifestyle.okezone.com/read/2017/11/09/298/1811342/alasan-konsumsi-kopi-jadi-tren-gaya-hidup-masyarakat-urban diakses pada tanggal 27 februari 2020 pukul 11.00 Wita.

Disadur dari https://www.diahinews.com/@feature/kopi-nyiru-moya-ke-amerikadiakses tanggal 27 februari 2020 pukul 12.00 wita.

Disadur dari https://kopisumatra.wordpress.com/manfaat-kopi/ diakses pada tanggal 27 februari 2020 pukul 12.30 wita




DOI: http://dx.doi.org/10.33387/hjp.v11i2.2516

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




     

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HUMANO: Jurnal Penelitian

ISSN 1978-6115 (Print)

ISSN 2597-9213 (Elektronik)

Published by: LPPM Universitas Khairun

Jalan Yusuf Abdurrahman Kampus II Unkhair, Kelurahan Gambesi, 97722 Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara

Email: humano@unkhair.ac.id

URL: https://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/humano/index

 

Flag Counter 

 

Statistik Pengunjung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.